Text
Perbandingan hasil belajar PPKN antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif teams games tournament (TGT) dan group investigation (GI) : studi eksperimen di SMPN 71 Rawasari Timur Cempaka putih Jakarta Pusat
ABSTRAK
TRIANA KOMALA SARI, Perbedaan Hasil Belajar PPKn antara Siswa yang
Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games
Tournament dan Group Investigation. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan
Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn), Fakultas Ilmu Sosial, Universitas
Negeri Jakarta, Mei 2016
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendapatkan data empiris tentang perbedaan
hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan model Teams Games
Tournament dan Group Investigation dalam meningkatkan hasil belajar PPKn.
Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari 2016 sampai April 2016
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan
pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini, menggunakan dua kelas adalah kelas
Eksperimen dan Kelas Kontrol. Desain yang digunakan dalam penelitian ini
adalah pretest posttest control design. Instrumen penelitian yang digunakan untuk
megukur hasil belajar PPKn sebanyak 30 Butir soal dengan empat alternative
jawaban. Skor untuk soal adalah satu untuk jawaban yang benardan nol untuk
jawaban yang salah
Hasil pengujian normalitas dan homogenitas menunjukan bahwa kedua data
berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil penelitian terbukti bahwa
terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar PPKn siswa yang
menggunakan model Teams Games Tournament dan Group Investigation. Hal ini
terlihat dari hasil pengujian Hipotesis dengan menggunakan Uji-t thitung > ttabel
(3.90 > 1.99734) maka dapat disimpulkan Ho ditolak. Jadi hasil belajar siswa
yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams
Game Tournament (TGT) berbeda dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan
menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe GI dan model pembelajaran
Teams Games Tournament (Kelas Eksperimen) lebih tinggi dari Model
pembelajaran Group Investigation (Kelas Kontrol ).
Kata kunci :Model kooperatif learning Tipe Teams Games Tournament, Tipe
Grop Investigation, Hasil Belajar
Bibliografi : lembar 89-90
SS00009614 | SK 9614 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain