Text
Hubungan antara kesulitan belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran pengantar akuntansi kelas X (sepuluh) di SMKN 31 Jakarata
ABSTRAK
ARIE SUPRIYANTO. 8105123239. Hubungan Antara Kesulitan Belajar dengan Hasil Belajar Pada Mata pelajaran Pengantar Akuntansi Kelas X (Sepuluh) di SMKN 31 Jakarta. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kesulitan belajar dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pengantar akuntansi kelas X (sepuluh) di SMKN 31.
Penelitian ini dilakukan selama 3 bulan terhitung mulai bulan Maret sampai bulan Mei 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh seluruh peserta didik SMKN 31 Jakarta yang berjumlah 207 peserta didik dan peneliti mengambil sampel yang digunakan sebanyak 131 peserta didik dengan menggunakan teknik acak proporsional secara sederhana.
Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data variabel X (kesulitan belajar), dan variabel Y (hasil belajar) diukur menggunakan kuesioner dengan skala Likert.Teknik analisis data dimulai dengan mencari persamaan regresi yang didapat adalah Ŷ = 109,29 – 0,57X. Hasil uji normalitas lilifors menghasilkan Lhitung = 0,067 sedangkan Ltabel = 0,077. Karena Lhitung< Ltabel maka variabel X dan Y berdistribusi normal. Pengujian hipotesis dengan uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung sebesar 23,60 dan Ftabel sebesar 3,91. Fhitung (23,60) > Ftabel (3,961) yang berarti persamaan regresi tersebut signifikan. Uji kelinieran regresi menghasilkan Ftabel1,55 sedangkan Fhitung 0,72. Fhitung (0,72) < Ftabel (1,55) sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linier. Uji koefisien korelasi product moment menghasilkan rhitung = -0,393. Selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji-t, menghasilkan (-4,86) < (-1,97). Berdasarkan hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kesulitan belajar dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pengantar akuntansi kelas X (sepuluh) di SMKN 31 Jakarta. Dengan uji koefisien determinasi diperoleh hasil 15,47% maka dapat diambil kesimpulan terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara kesulitan belajar dengan hasil belajar
Kata kunci :Kesulitan Belajar, Hasil Belajar
Bibliografi : lembar 74-75
SS00009625 | SK 9625 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2016.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain