Text
Hubungan kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika : studi korelasional pada siswa kelas V gugus 1 Kecamatan Taman Sari Kota Bogor Provinsi Jawa Barat
HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN
BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
(Studi Korelasional pada Siswa Kelas V Gugus I
Kecamatan Taman Sari Kota Bogor Provinsi Jawa Barat)
Asep Sukenda Egok
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kemampuan berpikir kritis
dan kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika Siswa Kelas V
Gugus I Kecamatan Taman Sari Kota Bogor Provinsi Jawa Barat, dengan
jumlah siswa sebanyak 153 orang siswa. Penelitian ini menggunakan metode
survei dengan pendekatan statistik regresi dan korelasi. Hasil Penelitian
menunjukan bahwa (1) Terdapat hubungan positif antara kemampuan
berpikir kritis dengan hasil belajar matematika dengan nilai koefisien korelasi
0,492 dan konstribusi determinasi 24,2%. (2) Terdapat hubungan positif
antara kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika dengan nilai
koefisien korelasi 0,405 dengan konstribusi determinasi 16,4%. (3) Terdapat
hubungan positif antara kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar
secara bersama-sama dengan hasil belajar matematika dengan nilai
koefisien korelasi 0,579 dengan konstribusi determinasi 33,5%. Berdasarkan
hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika dapat
dipengaruhi kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa.
Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kritis, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar
Matematika.
Bibliografi : lembar 138-141
TM00001726 | TM 1726 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain