Text
Pengaruh metode pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar IPA : studi eksperimen kelas V SDN 05 Kota Bengkulu
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA
(Eksperimen Siswa Kelas V SDN 05 Kota Bengkulu, 2016)
FAZRIAH AGUSTINA
Cikyayulian92@yahoo.com
ABSTRAK
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Sedangkan, desainnya menggunakan desain Treatment by level 2x2 dan hipotesis penelitian inoi diuji menggunakan analisis varian (ANAVA) dua jalur. Sampel penelitian ini adalah salah satu kelas V SDN 05 Kota Bengkulu dengan menggunakan teknik Random Sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) hasil belajar siswa yang belajar dengan menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dari hasil belajar IPA siswa yang belajar dengan menggunakan metode Problem Solving ; (2) terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar IPA ; (3) hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode Based Learning lebih tinggi dengan menggunakan metode Problem Solving pada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi; (4) hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode Based Learning lebih tinggi dengan menggunakan metode Problem Solving pada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis berpengaruh terhadap hasil belajar IPA.
Kata kunci: hasil belajar IPA, metode pembelajaran, kemampuan berpikir kritis.
Bibliografi : lembar 108-110
TM00001725 | TM 1725 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain