Text
Hubungan antara motivasi dan kompetensi pedagogik dengan task peformance guru SDN wilayah binaan 1 Kecamatan makasar Jakarta Timur
ABSTRAK
HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK
DENGAN TASK PERFORMANCE GURU SDN WILAYAH BINAAN I
KECAMATAN MAKASAR JAKARTA TIMUR
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi dan kompetensi
pedagogik dengan task performance guru SDN Wilayah Binaan I Kecamatan
Makasar Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode kuantitatif korelasional. Teknik analisis data yang digunakan untuk
mengolah data adalah teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan 40
sampel. Hasil penelitian ini diketahui bahwa : (1) Ada hubungan positif yang
signifikan antara motivasi dengan task performance guru SD. Hasil tersebut
memberikan makna bahwa semakin tinggi motivasi seorang guru SD maka semakin
baik pula task performance guru SD. Kinerja ini dapat terlihat dari kegiatan pokok
guru yang berhubungan dengan proses pembelajaran dan tugas tambahan guru
yang relevan dengan pekerjaannya sebagai guru SD. (2) Ada hubungan positif yang
signifikan antara kompetensi pedagogik guru dengan task performance guru SD.
Hasil tersebut memberikan makna bahwa kompetensi pedagogik memiliki hubungan
langsung dengan task performance guru SD. Semakin baik kompetensi pedagogik
yang dimiliki guru SD maka semakin baik pula task performance yang dihasilkan. (3)
Ada hubungan positif yang signifikan secara bersama-sama antara motivasi dan
kompetensi pedagogik dengan task performance guru SD. Hal tersebut memberikan
makna bahwa motivasi dan kompetensi pedagogik memberikan kontribusi terhadap
task performance guru SD.
Kata kunci : motivasi, kompetensi pedagogik, task performance
Bibliografi : lembar 125-127
TM00001724 | TM 1724 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain