Text
Hubungan berpikir kritis dan pribadi kreatif dengan kemampuan pemecahan masalah matematik : studi korelasional pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Kelurahan Harapan Jaya Kota Bekasi Provinsi Jawa Barat
HUBUNGAN BERPIKIR KRITIS DAN PRIBADI KREATIF DENGAN
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK
SISWA SD DI KELURAHAN HARAPAN JAYA
Rafhi Febryan Putera
Rafhifebryanputera@gmail.com
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan berpikir kritis dan pribadi
kreatif dengan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa SD di
Kelurahan Harapan Jaya dengan jumlah siswa sebanyak 130 orang. Penelitian
ini menggunakan metode survey dengan pendekatan statistik regresi dan
korelasi. Masalah yang menjadi fokus penelitian ini adalah (1) Apakah terdapat
hubungan berpikir kritis dengan kemampuan pemecahan masalah
matematik? (2) Apakah terdapat hubungan pribadi kreatif dengan kemampuan
pemecahan masalah matematik? (3) Apakah terdapat hubungan berpikir kritis
dan pribadi kreatif secara bersama-sama terhadap kemampuan pemecahan
masalah matematik? Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat
hubungan positif antara berpikir kritis dengan kemampuan pemecahan
masalah matematik dengan taraf signifikan = 0,05 didapat thitung 6,356 > ttabel 1,656
(2) Terdapat hubungan positif antara pribadi kreatif dengan kemampuan
pemecahan masalah matematik dengan taraf signifikan = 0,05 didapat thitung 3,736
> ttabel 1,656 (3) Terdapat hubungan positif berpikir kritis dan pribadi kreatif
secara bersama-sama terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik
dengan taraf signifikan = 0,05 didapat Fhitung 21,292 > Ftabel 1,656. Implikasi dalam
penelitian ini mengidentifikasikan bahwa kemampuan pemecahan masalah
matematik dapat mempengaruhi berpikir kritis, dan pribadi kreatif siswa.
Kata kunci : Berpikir kritis, pribadi kreatif, kemampuan pemecahan masalah
matematik.
Bibliografi : lembar 127-130
TM00001723 | TM 1723 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain