Text
Hubungan antara iklan dan citra merek dengan keputusan pembelian provider IM3 indosat pada mahasiswa program studi pendidikan tata niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
IRMA AULIA SEPTIANINGTYAS. HUBUNGAN ANTARA IKLAN DAN
CITRA MEREK DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PROVIDER IM3
INDOSAT PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TATA
NIAGA FAKULTAS EKONOMI DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Jurusan Ekonomi dan
Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, Juni 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang Hubungan Antara
Iklan dan Citra Merek dengan Keputusan Pembelian Provider IM3 Indosat pada
Mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi di
Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Jakarta. Selama lima bulan
terhitung Februari 2016 sampai Juni 2016. Metode penelitian yang dilakukan
adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian
ini adalah mahasiswa Pendidikan Tata Niaga Universitas Negeri Jakarta. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, 65 orang.
Untuk menjaring data dari ketiga variabel digunakan kuesioner model skala likert
untuk Iklan (Variabel X1), Citra Merek (Variabel X2), dan Keputusan Pembelian
(Variabel Y). Sebelum instrumen digunakan sebelumnya dilakukan uji validitas
untuk variabel X1, X2, dan Y. Untuk variabel X1, dari 36 butir pernyataan terdapat
29 butir pernyataan yang valid, untuk variabel X2, dari 27 pernyataan terdapat 22
pernyataan yang valid, sedangkan untuk variabel Y dari 30 pernyataan terdapat 24
pernyataan yang valid. Perhitungan reliabilitas ketiga variabel tersebut
menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas variabel X1 sebesar
0,852, variabel X2 sebesar 0,792, dan variabel Y sebesar 0,781. Hasil ini
membuktikan bahwa instrumen dari ketiga variabel tersebut dapat dikatakan
reliable.
Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 2,445 + 0,632X1 + 0,218X2. Dari
uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung > Ftabel, yaitu 18, 857 > 3,15 artinya
persamaan regresi tersebut segnifikan. Selanjutnya dilakukan uji keberartian
koefisien korelasi parsial dengan menggunakan uji t dan dihasilkan thitung X1-Y =
4,830 dan ttabel = 1,66 serta thitung X2-Y = 2,559 dan ttabel= 1,66. Koefisien korelasi
Product Moment dari Pearson menghasilkan rxy = 0,615 adalah signifikan.
Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 37,8% yang menunjukkan bahwa
keputusan pembelian ditentukan oleh iklan dan citra merek. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa iklan dan citra merek secara simultan berpengaruh positif
dan signifikan terhadap keputusan pembelian provider IM3.
Kata kunci: Keputusan Pembelian, Iklan, Citra Merek
Bibliografi : lembar 100-102
SS00009630 | SK 9630 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain