Text
Pengaruh gaya belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika kelas X administrasi perkantoran di SMK Negeri 21 Jakarta
ABSTRAK
ALIF MAHARRIZKI. 8105127990. PENGARUH GAYA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 21 JAKARTA. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Konsentrasi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Jurusan Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara gaya belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika kelas x administrasi perkantoran di SMK Negeri 21 Jakarta.
Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung bulan Maret 2016 sampai dengan bulan Mei 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 21 Jakarta. Populasi terjangkaunya adalah seluruh kelas X Administrasi Perkantoran yang berjumlah 69 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak proporsional, sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 58 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan data, wawancara dan kuesioner. Untuk menjaring data hasil belajar (Y), gaya belajar (X1) dan motivasi belajar (X2) didapatkan dengan cara memberikan kuesioner kepada responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis yang terdiri atas uji normalitas dan uji linearitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis yang terdiri atas uji f dan uji t. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh secara parsial antara gaya belajar dengan motivasi belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 4,497 > nilai ttabel sebesar 1,67. Keterlibatan kerja berpengaruh secara parsial terhadap motivasi belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung 5,286> nilai ttabel sebesar 1,67. Gaya belajar dan motivasi belajar secara serentak berpengaruh terhadap hasil belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 53,247 > nilai Ftabel sebesar 3,17. Persamaan regresi yang didapat adalah Y ̂= 26,885 + 0,290X1 + 0,225X2. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 0,659yang berarti gaya belajar (X1) dan motivasi belajar (Y) berpengaruh terhadap hasil belajar (Y) sebesar 65,9%.
ABSTRACT
ALIF MAHARRIZKI. THE EFFECT LEARNING STYLE AND MOTIVARTION OF THE RESULT IN MATH CLASS X ADMINISTRATIVE OFFICE AT STATE SMK 21 JAKARTA. Thesis, Jakarta: Economic education program, Consenstration Education Office Administtration, Department of Econpmics and Administration, Faculty of Economics, State University of Jakarta. 2016.
This study attempts to know the style learning and the motivation to study of mathematatics class X administration state office in 21 Jakarta.
This study was conducted over three months, starting in March 2016 until May 2015. The method used is survey method with the correlational approach . The population in this study are all students of SMK Negeri 21 Jakarta . The population of inaccessibility is the entire class X of Office Administration totaling 69 students . The sampling technique used was proportional random technique , so that the sample in this study amounted to 58 respondents . The data collection technique using the technique of recording data , interviews and questionnaires . To capture learning outcomes data ( Y ) , learning styles ( X1 ) and learning motivation ( X2 ) obtained by giving questionnaires to respondents . The data analysis technique used is the test requirements analysis consists of test for normality and linearity test , classic assumption test , multiple linear regression , hypothesis testing consisting of F test and t test . Based on the results of data analysis can be seen that there is a partial effect between learning styles and motivation to learn . Can be seen from the results of data analysis showed tcount of 4,497 > t table value of 1.67 . Work engagement partial effect on motivation to learn , it is seen from the results of data analysis showed tcount 5.286 > ttable value of 1.67 . Learning styles and motivation to learn simultaneously affect the study results , it is seen from the results of data analysis indicates the value Fhitung 53.247 > Ftable value amounting to 3.17 . The regression equation is obtained ( " Y " ) " = 26.885 + 0,290X1 + 0,225X2 " . Based on the obtained coefficient determination R2 value of 0,659yang means learning styles ( X1 ) and learning motivation ( Y ) effect on learning outcomes ( Y ) of 65.9 %
Bibliografi : lembar 101-102
SS00009502 | SK 9502 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2016.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain