Text
Meningkatkan hasil belajar lempar cakram melalui pendekatan media modifikasi alat : penelitian tindakan pada siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Palembang
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LEMPAR CAKRAM MELALUI PENDEKATAN MEDIA MODIFIKASI ALAT
Penelitian Tindakan pada siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Palembang
MARFIRA YANSAH
Marfira_yansah@yahoo.com
ABSTRAK
Kemampuan lempar cakram siswa dari cara memegang cakram, teknik awalan melempar cakram, teknik melempar cakram, dan sikap badan setelah melempar cakram masih kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran lempar cakram dengan media alat bantu berupa ban sepeda bekas dan piring plastik pada siswa kelas VIII K MTs Negeri 1 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Action research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII K di MTs Negeri 1 Palembang yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes unjuk kerja lempar cakram. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan bentuk persentase.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil lempar cakram melalui media ban sepeda bekas dan media piring plastik ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata siswa. Nilai rata-rata siswa pada kondisi awal sebesar 75,3 dengan persentase ketuntasan sebesar 40%. Kondisi tersebut mengalami peningkatan nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu sebesar 78,6 dan persentase ketuntasan sebesar 71%. Namun, peningkatan tersebut masih belum mencapai target yang ditetapkan sebelumnya. Kemudian setelah melanjutkan ke siklus II nilai rata-rata kemampuan lempar cakram siswa kembali mengalami peningkatan sebesar 83,75 dengan persentase ketuntasan sebesar 87%. Hal tersebut menunjukkan bahwa target yang telah ditetapkan sebelumnya sudah tercapai sehingga penelitian dihentikan pada siklus II. Proses pembelajaran lempar cakram berlangsung dinamis dan menyenangkan, Peserta didik aktif melaksanakan tugas dan mengamati gerakan teknik lempar cakram dan saling diskusi dengan teman. Kemampuan lempar cakram peserta didik meningkat dengan ditandai dengan peserta didik tuntas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 80.
Kata Kunci: lempar cakram, media modifikasi alat.
Bibliografi : lempar 129-132
TM00001759 | TM 1759 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain