Text
Meningkatkan hasil belajar dribbling sepak bola melalui modifikasi permainan : studi action research pada siswa kelas X ADM SMK Negeri 3 Palembang
MENINGKATANKAN HASIL BLEJARA DRIBBLING SEPAK BOLA MELALUI MODOFIKASI PERMAINAN SISWA KELAS X ADM SMK NEGERI 3 PALEMBANG
MUHAMMAD MADYARTA
M.yarta@yahoo.com
ABSTRAK
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar malalui modifikasi permainan. Oleh karena itu, penelitian ini diharapkan dapat membantu memecahkan masalah yang dialami dan mendeskripsikan seberapa besar peningkatan hasil belajar dribbling melalui modifikasi permainan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan (Action reasert). Populasi yang digunakan adalah siswa kelas X ADM Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 03 Palembang, sampel penelitian ini berjumlah 30 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan lembar pengamatan dan data hasil belajar peserta didik yang dilakukan melalui tes hasil belajar. Hasil pengolahan dan analisis data menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dribbling pada siklus kedua dengan menggunakan modifikasi permainan sebesar 83,33% atau 25 siswa. Siklus pertama dengan menggunakan modifikasi permainan dalam pembelajaran dribbling meningkat 70% atau 21 siswa dari 56,67 % atau 17 siswa di data awal. Jadi peningkatan dari data awal 56,67 % atau siswa setelah dilakukan siklus kedua meningkat 83,33% atau 25 siswa.
Kata kunci: penelitian tindakan, modifikasi permainan, hasil belajar dribbling sepak bola
Bibliografi : lembar 127-129
TM00001758 | TM 1758 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain