Text
Pengembangan media mobile learning pada materi laju reaksi
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media mobile learning pada materi laju reaksi serta mengetahui kualitas dari media yang dihasilkan. Media yang dikembangkan diharapkan dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang praktis, ekonomis dan moveable.
Pengembangan media mobile learning dilakukan dengan menggunakan model prosedural yang mengadaptasi tahapan penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh Borg & Gall yang kemudian disesuaikan dengan penelitian pengembangan ini, yaitu analisis kebutuhan, pengembangan media dan uji coba media. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2015 sampai dengan Juni 2016. Penelitian dilaksakanan di SMAN 77 Jakarta dan SMAN 58 Jakarta. Hasil penelitian ini adalah media mobile learning pada materi laju reaksi yang berupa aplikasi pada telepon genggam dengan sistem operasi android, yang bernama “Mobchem”.
Hasil nilai persentase kelayakan berdasarkan uji ahli materi dan bahasa sebesar 86%, hasil uji ahli media sebesar 90%, hasil uji coba media oleh siswa skala kecil 78%, hasil uji coba media oleh siswa skala besar sebesar 85%, uji coba oleh guru sebesar 91%. Hasil penilaian dari para ahli secara keseluruhan memiliki kriteria sangat baik, sehingga dapat disimpukan bahwa media mobile learning layak digunakan sebagai media pembelajaran yang praktis, ekonomis, moveable, dan sesuai dengan fasilitas yang dimiliki peserta didik.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Mobile Learning, Android, Laju Reaksi
Bibliografi : lembar 64-65
SS00009704 | SK 9704 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain