Text
Hubungan antara pengetahuan siswa tentang konsep-konsep ekologi dengan ecological footprint didasarkan pada gender : studi korelasional terhadap siswa di SMAN 31 Jakarta
ABSTRAK
TANIA AGNESA. Hubungan Antara Pengetahuan Siswa tentang Konsep-
Konsep Ekologi dengan Ecological Footprint Didasarkan Pada Gender:
Studi Korelasional Terhadap Siswa di SMAN 31 Jakarta. Skripsi. Jakarta:
Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu
Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Ecological footprint merupakan analisis untuk mengestimasi atau mengukur
perilaku konsumsi individu yang berdampak pada lingkungan. Ecological
Footprint dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah pengetahuan
tentang konsep-konsep ekologi dan gender. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan siswa tentang konsepkonsep
ekologi dengan ecological footprint berdasarkan gender. Penelitian ini
dilaksanakan pada bulan Januari-Februari 2016. Metode yang digunakan
adalah metode deskriptif melalui studi korelasional. Pengambilan sampel
dilakukan secara simple random sampling sebanyak 104 siswa. Setelah diuji
prasyarat, data penelitian berdistribusi normal dan homogen. Pengujian
hipotesis pertama menggunakan uji regresi linier dan korelasi sederhana.
Model regresi yang diperoleh Ŷ = 0,047 – 0,574X signifikan dan linier.
Koefisien korelasi yang diperoleh adalah –0,72 yang berarti terdapat
hubungan negatif antara pengetahuan siswa tentang konsep-konsep ekologi
dengan ecological footprint. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar
0,518 yang berarti 51,8% pengetahuan tentang konsep-konsep ekologi
memberikan kontribusi pada ecological footprint. Pengujian hipotesis kedua
menggunakan uji-t independent sample, diperoleh besaran signifikansi
0,123 yang berarti terdapat perbedaan yang tidak signifikan antara ecological
footprint siswa yang dipersepsi bergender pria dan siswa yang dipersepsi
bergender wanita. Hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan negatif
antara pengetahuan tentang konsep-konsep ekologi dengan ecological
footprint dan gender tidak mempengaruhi besaran ecological footprint siswa.
Oleh karena itu, dengan meningkatkan pengetahuan siswa yang dipersepsi
bergender pria maupun siswa yang dipersepsi bergender wanita tentang
konsep-konsep ekologi dapat menurunkan besaran ecological footprint
sehingga keseimbangan lingkungan tetap terjaga.
Kata kunci: pengetahuan, ekologi, gender, ecological footprint
Bibliografi : lembar 56-59
SS00009705 | SK 9705 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain