Text
Analisis model mental siswa di SMAN 4 Pandeglang pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit
ABSTRAK
Dinda Novia Wilandari. Analisis Model Mental Siswa di SMAN 4 Pandeglang pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. Jakarta: Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Juni 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model mental siswa di SMAN 4 Pandeglang pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 4 Pandeglang pada November hingga Juni 2016. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 1.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah etnografi yang merupakan salah satu tipe penelitian kualitatif yang terfokus memahami budaya partisipan. Teknik pengumpulan data berupa observasi kelas, wawancara, dan penulisan reflektif jurnal siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Quality standards yang digunakan adalah trustworthiness (kepercayaan) dengan kriteria credibility (kredibilitas) melalui prolonged engagement, persistent observation, progressive subjectivty dan member checking.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa di SMAN 4 Pandeglang membangun model mental berdasarkan pemahaman dan pengalaman siswa yang dibantu dengan analogi yang dibuatnya dan dipengaruhi oleh karakteristik dan lingkungan sekitar siswa. Contoh analogi ion bergerak bebas pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit yang dibuat siswa adalah ikan, lebah, kambing, sedangkan analogi ikatan ion yang dibuat siswa adalah sedekah, zakat, dan wakaf. Model mental siswa pada materi larutan elektrolit terbagi dalam model mental yang sesuai dengan konsep dan model mental yang tidak sesuai dengan konsep. Ketidaksesuaian model mental siswa dipengaruhi oleh pemahaman dan pengalaman siswa.
Kata Kunci: Model Mental, Etnografi, Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit
Bibliografi : lembar 97-100
SS00009707 | SK 9707 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain