Text
Analisis model mental siswa di SMAN 1 Cawas Klaten pada materi hidrolisis garam
ABSTRAK
Rahma Esi Andina. Analisis Model Mental Siswa di SMAN 1 Cawas Klaten pada Materi Hidrolisis Garam. Jakarta: Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Juni 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model mental siswa di SMAN 1 Cawas, Klaten dalam materi hidrolisis garam. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Cawas pada bulan Desember 2015 hingga Juni 2016. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA Unggulan 3 SMAN 1 Cawas, Kabupaten Klaten.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode yang digunakan yaitu etnografi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi kelas, wawancara mendalam, dan reflektif jurnal siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Quality standards yang digunakan adalah trustworthiness (kepercayaan) dengan kriteria credibility (kredibilitas) melalui prolonged engagement, persistent observation, progressive subjectivty dan member checking.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa di kelas XI MIA Unggulan 3 SMAN 1 Cawas, Klaten membangun model mental berdasarkan pemahaman dan pengalaman siswa yang dipengaruhi oleh lingkungan sekitar siswa serta karakteristik siswa, yaitu sopan santun, empati komunikasi, dan menganggap bahwa guru selalu benar. Model mental siswa pada materi hidrolisis garam terbagi dalam model mental yang sesuai dan model mental yang tidak sesuai dengan konsep hidrolisis garam. Ketidaksesuaian model mental siswa dipengaruhi oleh pemahaman dan pengalaman siswa.
Kata Kunci: Model Mental, Etnografi, Hidrolisis Garam
Bibliografi : lembar 101-104
SS00009708 | SK 9708 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain