Text
Pengembangan media ular tangga dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk kelas VII Sekolah Menengah Pertama
ABSTRAK
Aninda Hermanto. Pengembangan Media Ular Tangga dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Skripsi. Jakarta: Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta. 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mengembangkan media Ular Tangga PKn, kelayakan media Ular Tangga yang dikembangkan, serta efektifitasnya dalam meningkatkan hasil belajar PKn untuk kelas VII SMP. Penelitian ini dilakukan sejak tanggal 15 Maret - 3 Mei 2016. Metode yang digunakan adalah Research and Development (Penelitian dan Pengembangan). Evaluasi media Ular Tangga, dilakukan oleh ahli materi dan pembelajaran, ahli media, dan guru. Media yang dikembangkan diujicobakan pada peserta didik kelas VII di SMPN 3 Jakarta.
Hasil penelitian dan pengembangan menunjukan tahapan pembuatan Ular Tangga PKn sebagai berikut: perencanaan, produksi, evaluasi oleh ahli materi dan pembelajaran, evaluasi oleh ahli media, evaluasi oleh guru, revisi produk, uji coba produk, serta evaluasi oleh peserta didik. Hasil evaluasi oleh: a) ahli media memperoleh kelayakan dengan kategori baik, b) ahli materi dan pembelajaran memperoleh kelayakan dengan kategori sangat baik, c) guru PKn SMPN 3 Jakarta memperoleh kelayakan dengan kategori sangat baik. Hasil evaluasi oleh peserta didik setelah Ular Tangga PKn diujicobakan, memperoleh kelayakan dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil uji coba tersebut maka dapat dikatakan bahwa Ular Tangga PKn yang dikembangkan dapat digunakan. Hasil Post test setelah Ular Tangga PKn diujicobakan menunjukan media Ular Tangga PKn yang dikembangkan efektif meningkatkan penguasaan peserta didik kelas VII SMP terhadap pokok bahasan PKn dan berimplikasi terhadap meningkatnya hasil belajar.
Kata kunci: hasil belajar, media pembelajaran, PKn, Ular Tangga PKn.
Bibliografi: lembar 85-87
SS00009764 | SK 9764 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain