Text
Perbedaan aktivitas belajar PPKN antara yang menggunakan metode examples non examples dan picture and picture : Studi eksperimen di SMA Negeri 22 Jakarta
ABSTRAK
Sekar Arum, Perbedaan Aktivitas Belajar PPKn Antara Yang Menggunakan Metode Examples Non Examples dan Picture And Picture: Program Studi PPKN, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta. Juni 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris mengenai perbedaan aktivitas belajar PPKn antara yang menggunakan metode Examples Non Examples dan Picture And Picture. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret sampai dengan April 2016 di SMA Negeri 22 Jakarta.
Penelitian ini merupakan studi eksperimen, yaitu penelitian yang menggunakan kelas eksperimen dan control sebagai pembanding yang dilaksanakan di kelas XI IIS 2 dan XI IIS 3. Sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling dengan catatan kedua kelas tersebut memiliki kesamaan atau kemampuan dalam aktivitas belajarnya. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui dan mengukur aktivitas belajar PPKn adalah angket aktivitas belajar sebanyak 31 butir pernyataan.
Hasil pengujian normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa kedua data berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t didapatkan thitung sebesar 5,431 dengan ttabel 2,00 pada taraf signifikansi (α) = 0,05 dengan derajat kebebasan (dk) = n-2 = 72-2 = 70 adalah 2,00, maka thitung (5,431) > ttabel (2,00). Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini terdapat perbedaan aktivitas belajar PPKn antara yang menggunakan metode Examples Non Examples dan Picture And Picture. Hal ini berimplikasi bahwa metode Examples Non Examples diperlukan untuk meningkatkan aktivitas belajar PPKn di SMA Negeri 22 Jakarta.
Kata Kunci : Aktivitas Belajar, PPKn, Examples Non Examples, Picture And Picture
Bibliografi: lembar 45
SS00009765 | SK 97 65 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain