Text
Penerapan penilaian autentik dalam kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN)
ABSTRAK
Kinanti Ajeng Drastyana. Penerapan Penilaian Autentik Dalam Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN). Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2016
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan mengumpulkan data empiris untuk mengetahui bagaimana penerapan penilaian autetik pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 27 Jakarta. Waktu penelitian ini dilakukan selama 3 bulan, terhitung mulai dari bulan Februari sampai April 2016. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik yang digunakan adalah analisis deskripsi, data yang diperoleh dari wawancara informan dan key informan dianalisis secara deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan menunjukkan bahwa penerapan penilaian autentik di SMA Negeri 27 Jakarta sudah dilaksanakan dengan lagkah-langkah sesuai dengan yang ada pada rancangan perencanaan pembelajaran, namun pada kenyataannya instrumen penilaian autentik yang tercantum pada rancangan perencanaan pembelajaran tidak digunakan pada saat memberikan nilai untuk siswa dan tidak semua bentuk penilaian dilaksanakan karena masih banyak hambatan-hambatan yang dialami oleh guru untuk menerapkan penilaian autentik. Seperti, banyaknya jam menagajar dan kurangnya format-format penilaian yang disediakan oleh sekolah.
Kata Kunci : Penilaian Autentik, Kurikulum 2103, Mata Pelajaran PPKn
Bibliografi; lembar 101-103
SS00009766 | SK 9766 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain