Text
Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui pendekatan realistic mathematic education (RME) di kelas IV SDN Menteng Atas 05 Pagi
ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika melalui pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) pada siswa kelas IV SDN Menteng Atas 05 Pagi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV pada semester 2 tahun 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan model siklus Kemmis dan Taggart. Penelitian tindakan kelas dilakukan 2 siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi sebagian besar perencanaan ulang pada siklus berikutnya. Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut: kemampuan pemecahan masalah matematika dalam penyelesaian masalah pecahan mengalami peningkatan dari siklus I 59.38% dan pada siklus II mencapai 84.38%. Keterlaksanaan pendekatan RME juga meningkat dari siklus I persentase perolehan guru sebesar 77.78% dan perolehan siswa sebesar 77.47%, siklus II persentase perolehan guru sebesar 93.05% dan perolehan siswa sebesar 92.65%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan RME dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas IV SDN Menteng Atas 05 Pagi.
Kata Kunci: kemampuan pemecahan masalah matematika, pendekatan Realistic Mathematic Education (RME)
Bibliografi : lembar 135-138
SS00009711 | SK 9711 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.009) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain