Text
Pengembangan instrumen evaluasi kinerja 360 derajat untuk instruktur di PT.Digikidz Indonesia
ABSTRAK
Siti Jumariah. Pengembangan Instrumen Evaluasi Kinerja 360 Derajat untuk Instruktur di PT DIGIKIDZ Indonesia. Skripsi. Jakarta: Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan instrumen evaluasi kinerja 360 derajat untuk instruktur di PT DIGIKIDZ Indonesia yang dinilai oleh beberapa kategori responden sebagai penilai. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan produk yang dihasilkan adalah seperangkat instrumen evaluasi kinerja yang digunakan untuk mengevaluasi kinerja instruktur. Model pengembangan evaluasi kinerja yang digunakan adalah model evaluasi kinerja 360 derajat dengan responden multirater empat quadran menurut Payaman Simanjuntak (2011). Tahapan-tahapan untuk mengembangkan evaluasi kinerja ini menggunakan pengembangan instrumen menurut Wirawan (2012) yang meliputi: (1) Pengembangan dimensi kinerja, (2) Pengembangan indikator kinerja, (3) Pengembangan deskriptor level kinerja. Uji coba dilakukan kepada Ahli (Expert Review), dilakukan dengan cara menguji coba seperangkat instrumen yang telah dikembangkan kepada 3 orang ahli, yaitu 2 orang ahli evaluasi kinerja dan satu ahli materi. Dari hasil uji coba kepada tiga orang ahli menyatakan instrumen yang ada sudah baik, hanya perlu sedikit revisi. Uji coba dilakukan secara One-to-One dengan melibatkan 2 orang Super Trainer.Hasil uji coba One-to-One menyatakan bahwa perangkat instrumen evaluasi kinerja yang ada dapat dimengerti dan sudah baik. Hasil dari penelitian ini adalah seperangkat instrumen evaluasi kinerja 360 derajat untuk instruktur di PT DIGIKIDZ Indonesia. Instrumen ini dapat mengukur kinerja instruktur.
Kata Kunci: Instrumen, Evaluasi kinerja, 360 derajat, Instruktur.
Bibliografi : lembar 119-121
SS00009712 | SK 9712 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain