Text
Pengaruh media buku harian terhadap kemampuan menulis narasi siswa kelas IV Sekolah Dasar : studi eksperimen di SDN Kelurahan Baru Jakarta Timur
PENGARUH MEDIA BUKU HARIAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS
NARASI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
(Studi Eksperimen di SDN Kelurahan Baru Jakarta Timur) (2016)
Euis Latifah 1815121359
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media buku harian
terhadap kemampuan menulis narasi siswa kelas IV SD. Sampel dalam
penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Baru 03 Pagi Jakarta Timur
sebanyak 60 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik multistage
random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen,
dengan desain nonequivalent experimental design. Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan tes menulis narasi dan dianalisis dengan
menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa media buku harian
berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis narasi siswa kelas IV
SD dengan koefisien thitung > ttabel = 6,41 > 1,70 pada taraf signifikan α = 0,05.
Hasil ini menunjukan bahwa media buku harian dapat dijadikan sebagai salah
satu alternatif media dalam pembelajaran menulis narasi siswa kelas IV SD.
Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui pentingnya menggunakan media
pembelajaran yang tepat untuk mengembangkan kemampuan menulis narasi
siswa kelas IV SD.
Kata kunci: Media buku harian, kemampuan menulis narasi siswa kelas IV SD.
Bibliografi : lembar 94-96
SS00009716 | SK 9716 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain