Text
Meningkatkan hasil belajar IPA tentang daur dan penghematan air melalui pendekatan saintifik pada siswa kelas V : studi penelitian tindakan kelas di SDN Cempaka Putih Barat 03 Jakarta Pusat
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG DAUR DAN PENGHEMATAN AIR MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS V
(Studi Penelitian Tindakan Kelas di SDN Cempaka Putih Barat 03 Jakarta Pusat)
2016
FARAMITA ANJANI
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN Cempaka Putih Barat 03 Jakarta Pusat tentang Daur dan Penghematan Air dengan menggunakan pendekatan saintifik. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cempaka Putih Barat 03 Jakarta Pusat pada semester II tahun ajaran 2016-2017 dengan jumlah siswa kelas V sebanyak 42 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model siklus dari Kemmis dan McTaggart melalui beberapa tahapan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes, non tes, dan catatan jurnal penelitian. Hasil belajar IPA yang diperoleh siswa pada siklus I mencapai 73,81% dan pada siklus II menjadi 88,10%. Hal tersebut dikarenakan efektifitas dari proses pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik. Dari data yang diperoleh pada siklus I dan siklus II, dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPA tentang daur dan penghematan air dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Cempaka Putih Barat 03 Jakarta Pusat.
Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Pendekatan Saintifik di Kelas V SD
Bibliografi : lembar 97-98
SS00009718 | SK 9718 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain