Text
Pengaruh minat belajar dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar pada siswa di SMK Tirta Sari Surya Jakarta
ABSTRAK
NUGROHO CHALIFANTO, 8105112283, Pengaruh Minat Belajar dan
Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar pada Siswa di SMK Tirta Sari Surya Jakarta, Skripsi, Jakarta: Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara minat belajar dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Kewirausahaan di SMK Tirta Sari Surya Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama 7 bulan semenjak November 2015 sampai dengan Mei 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Administrasi Perkantoran yang berjumlah 120 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik
acak proporsional sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 89 responden
berdasarkan tabel Isaac. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan dokumen, wawancara dan kuesioner. Untuk menjaring nilai hasil belajar (Y) didapatkan dengan cara mengambil hasil nilai UAS Kewirausahaan semester genap tahun ajaran 2015/2016. Data minat belajar (X1), perhatian orang
tua (X2) didapatkan dengan cara memberikan kuesioner ke responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis yang terdiri atas uji normalitas dan uji linearitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji
hipotesis yang terdiri atas uji F dan uji t. Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh secara parsial antara minat belajar dengan hasil belajar.
Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 11,159 > nilai ttabel sebesar 1,666. Perhatian orang tua tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar. Ini terbukti dari analisis data yang menunjukkan
thitung sebesar 0,173 < nilai ttabel sebesar 1,666. Minat belajar dan perhatian orang tua secara serentak berpengaruh terhadap hasil belajar, hal ini terlihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 81,083 > nilai Ftabel sebesar
3,103. Persamaan regresi yang didapat ialah Ŷ = 55,534 + 0,283X1 + 0,004X2. Berdasarkan uji koefisien determinasi dilihat dari nilai R2 sebesar 0,653 yang berarti minat belajar (X1) dan perhatian orang tua (X2) berpengaruh terhadap hasil belajar (Y) sebesar 65,3%.
Bibliografi : lembar 96-97
SS00009739 | SK 9739 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain