Text
Pengembangan game wayang ramayana menggunakan game engine unity 3D
PENGEMBANGAN GAME WAYANG RAMAYANA MENGGUNAKAN
GAME ENGINE UNITY 3D
R. ANDI RAHMADI
ABSTRAK
Wayang adalah seni tradisional yang dimiliki oleh Indonesia yang populer di
daerah Jawa dan daerah Bali. Pada masa pemerintahan raja - raja di Jawa, wayang
dipakai sebagai sarana hiburan bagi rakyat. Raja-raja Jawa pada saat itu
menempatkan wayang sebagai kesenian yang mempunyai nilai kreasi tinggi.
Dalam beberapa hal, para raja mengambil bagian - bagian dari wayang yang
dipakai sebagai lambang keluhuran.. Salah satu kisah pewayangan yang sering
dipertunjukan adalah cerita pewayangan Ramayana. Ramayana sendiri merupakan
sebuah kisah yang berasal dari India yang ditulis oleh Walmiki sekitar tahun 4-
SM. Kisah Ramayana dan pertunjukan wayang sudah hampir dilupakan oleh
generasi anak Indonesia pada saat ini. Anak Indonesia lebih cenderung suka
bermain sebuah game digital dan aplikasi digital lainnya menggunakan gadget
atau personal computer. Mengembangkan sebuah game yang berjudul Game
Wayang Ramayana merupakan langkah yang tepat untuk mengangkat budaya
wayang Indonesia dan cerita Ramayana menjadi sebuah aplikasi digital yang
digemari anak Indonesia. Game Wayang Ramayana adalah media untuk bermain
dan memberikan informasi tentang pertunjukan wayang dan kisah Ramayana.
Game Wayang Ramayana dikembangkan dengan suasana pertunjukan
pewayangan khas Indonesia. Gameplay, desain dan cerita game dibuat menarik
sebagai alternatif media untuk mempelajari budaya wayang dan cerita Ramayana.
Metode pengembangan game Wayang Ramayana menggunakan menggunakan
Waterfall. Metode Waterfall adalah metode pegnembangan yang digunakan untuk
menghasilkan produk yang layak untuk digunakan.
Kata Kunci: Game Ramayana, Pengembangan Game, Game Wayang
Bibliografi : lembar 100-101
SS00009587 | SK 9587 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2016.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain