Text
Pengaruh penggunaan media video table set up terhadap efektivitas pembelajaran pada mata kuliah tata hidang
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TABLE SET UP
TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN
PADA MATA KULIAH TATA HIDANG
MAHBUB HANIF
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis keefektivan media video pembelajaran tentang materi Table Set up pada mata kuliah Tata Hidang di Program Studi Tata Boga. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Tata Hidang, Universitas Negeri Jakarta, Program Studi Tata Boga. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Tata Boga, Universitas Negeri Jakarta. Sampel dalam penelitian ini yaitu, mahasiswa semester 4 Program Studi Tata Boga, Universitas Negeri Jakarta yang sedang mengambil mata kuliah Tata Hidang. Sampel penelitian dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok yang menggunakan media video dan kelompok kontrol yang menggunakan media konvensional. Penelitian ini dilaksanakan sejak bulan Februari - Mei 2016. Perolehan nilai rata-rata hasil belajar kelompok media video adalah sebesar 30,45. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar kelompok media konvensional sebesar 22,67. Berdasarkan perhitungan Uji T diperoleh sebesar 3,680, nilai tersebut lebih besar dari dengan derajat kebebasan (dk) 58 yaitu sebesar 2,00. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media video memiliki pengaruh yang lebih efektif daripada media konvensional sebagai media pembelajaran materi Table Set up pada mata kuliah Tata Hidang.
Kata kunci : Media Video, Table Set up, Efektivitas Pembelajaran
Bibliografi : lembar 45-46
SS00009583 | SK 9583 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2016.010) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain