Text
Belajar smash bulutangkis : peningkatan hasil belajar smash bulutangkis melalui modifikasi permainan pada siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Lubuklinggau
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SMASH BULUTANGKIS MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN PADA SISWA KELAS XII IPA SMA MUHAMMADIYAH 1 LUBUKLINGGAU
(2016)
ARIF BUDIPRASETYO
arifbudiprasetyo300991@gmail.com
ABSTRAK
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar smash bulutangkis melalui modifikasi permainan. Oleh karena itu, penelitian ini diharapkan dapat membantu memecahkan masalah yang dialami dan mendeskripsikan seberapa besar peningkatan hasil belajar lompat jauh melalui modifikasi permainan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah action research dalam penelitian ini. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas XI IPA Sekolah menengah atas Muhammadiyah 1 Lubuklinggau, sampel penelitian ini berjumlah 25 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan lembar pengamatan dan data hasil smash bulutangkis dilakukan melalui tes hasil belajar. Hasil pengolahan data dan analisis data menunjukkan adanya peningkayan hasil belajar smash bulutangkis pada siklus pertama meningkat 68% yaitu 14 siswa dari 25 siswa. Siklus kedua meningkat 84% yaitu 21 siswa. Jadi peningkatan dari data awal 56% setelah diberikan tindakan meningkat 84%.
Kata kunci: penelitian tindakan, modifikasi permainan, hasil belajar smash bulutangkis
Bibliografi : lembar 127-129
TM00001771 | TM 1771 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain