Text
Meningkatkan hasil belajar tolak peluru melalui penerapan media modifikasi alat : studi action research pada siswa kelas V SD Negeri 72 Lubuklinggau
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tolak peluru pada siswa kelas V SD Negeri 72 lubuk linggau. malalui penerapan modifikasi alat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan sebanyak dua siklus dengan rancangan kegiatan perencanaan, observasi, tindakan dan refleksi. Sasaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 72 Lubuklinggau, sebanyak 23 siswa.
Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan lembar pengamatan dan data hasil belajar peserta didik yang dilakukan melalui tes hasil belajar. Hasil pengolahan dan analisis data menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar tolak peluru pada siklus kedua dengan menggunakan penerapan modifikasi alat bola pelastik diisi pasir sebesar 86,95% atau 20 siswa. Siklus pertama dengan menggunakan penerapan modifikasi alat balon di isi air dalam pembelajaran Tolak peluru meningkat 65,22% atau 15 siswa dari 26,09 % atau 6 siswa di data awal. Jadi peningkatan dari data awal 26,09% atau siswa setelah dilakukan siklus kedua meningkat 86,95%atau 20 siswa.
Kata kunci: penelitian tindakan, modifikasi alat, hasil belajar tolak peluru
Bibliografi : lembar 117-119
TM00001767 | TM 1767 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain