Text
Evaluasi siswa pada proses kegiatan belajar mengajar dalam penerapan kurikulum 2013 di SMK Negeri Jakarta
ABSTRAK
IIP APIPAH. EVALUASI SISWA PADA PROSES KEGIATAN BELAJAR
MENGAJAR DALAM PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI SMK
NEGERI JAKARTA. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Teknik
Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta, 2016
Penelitian ini tentang Evaluasi pelaksanaan pembelajaran di SMK Negeri 1, 26,
35 Jakarta Program Keahlian Teknik Gambar bangunan siswa kelas X pada Mata
Pelajaran Gambar Teknik, dilihat dari sudut perencanaan, pelaksanaan, dan hasil
pembelajaran.
Penelitian ini adalah penelitian evaluatif deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.
Model evaluasi yang dipilih adalah model evaluasi stake, model ini dipilih karena
peneliti ingin mengetahui pelaksanaan pembelajaran dilihat dari sudut
perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pembelajaran. Penelitian dilakukan di SMK
Negeri 1, 26, 35 Jakarta dengan jumlah reponden sebanyak 118 orang siswa kelas
X. Metode pengumpulan data adalah kuisioner/angket sebanyak 36 butir yang
telah diujicobakan terlebih dahulu untuk mengetahui validitas dan reliabilitas
instrumen angket tersebut. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah analisis deskriptif persentase.
Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pembelajaran di SMK Negeri 1, 26,
daan 35 Jakarta Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan siswa kelas X
pada Mata Pelajaran Gambar Teknik adalah sebagai berikut: persentase evaluasi
terhadap perencanaan pembelajaran yang meliputi merencanakan pengelolaan
kegiatan pembalajaran, merencanakan pengorganisasian pembelajaran,
merencanakan pengelolaan kelas, dan merencanakan prestasi belajar siswa
menunjukkan hasil yang sangat baik dengan rata-rata 80,30%, persentase evaluasi
terhadap pelaksanaan pembelajaran yang meliputi mengelola ruang, waktu, dan
fasilitias pembelajaran, mengetahui penguasaan materi pembelajaran,
menggunakan sumber atau media pembelajaran, mengelola interaksi kelas,
pelaksanaan tugas, dan memberikan umpan balik menunjukkan hasil yang baik
dengan rata-rata 79,83% dan evaluasi terhadap hasil belajar indikatornya meliputi
melaksanakan penilaian selama proses pembelajaran, penilaian perilaku peserta
didik dalam pembelajaran, dan hasil belajar dikategorikan sangat baik dengan
rata-rata 80,93%.
Kata Kunci: Evaluasi, Perencanaan, Pelaksanaan, Hasil
Bibliografi : lembar 69-70
SS00009662 | SK 9662 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain