Text
Efektivitas pelatihan skuadron (studi Kaderisasi unggulan siswa mandiri Indonesia) dalam meningkatkan kedisiplinan siswa : studi deskriptif kualitatif di SMA Labschool Cibubur
ABSTRAK
Mohammad Namiraz Prananda, Efekivitas Pelatihan SKUADRON Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa ( Studi Destkriptif Kualitatif di SMA Labschool Cibubur ). Skripsi, Jakarta : Program Studi PPKN, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, Mei 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas kegiatan pelatihan SKUADRON. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Waktu penelitian dimulai dari April – Mei 2016 di SMA Labschool Cibubur. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan beberapa data yang berkaitan dengan pelanggaran indisipliner. Sebagai informan adalah para siswa – siswi kelas X dan XI yang mengikuti kegiatan pelatihan SKUADRON. Kemudian sebagai key informan adalah wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, Bapak Drs. Warisno, pelatih dari LAKESPRA SARYANTO Bapak Mayor Kes Turaji dan Kapten Kes Mualim. Dan sebagai expert adalah dosen dari jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Jakarta. Bapak Dr. Daddy Darmawan.
Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan tentang peningkatan kedisiplinan siswa di SMA Labschool Cibubur. Pertama terdapat berbagai tahapan – tahapan dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan SKUADRON. Tahapan – tahapan tersebut merupakan hasil dari kerjasama antara pihak Labschool dengan Lakespra. Tahapan – tahapan kegiatan tersebut dapat dikatakan meningkatkan kedisiplinan siswa. Pada sebelum pelaksanaan pelatihan SKUADRON peneliti menemukan bahwa para siswa masih sering melanggar tata tertib yang sekolah miliki. Hal tersebut berdasarkan data – data pelanggaran siswa SMA Labschool Cibubur. Namun pada setelah pelaksanaan SKUADRON tingkat kedisiplinan siswa meningkat, hal tersebut peneliti dapat dari hasil observasi selama kegiatan berlangsung, wawancara dengan informan, key informan. Tidak hanya dari hasil observasi dan wawancara saja, peningkatan kedisiplinan tersebut dapat dibuktikan dengan data pelanggaran siswa. Berdasarkan data tersebut kasus pelanggaran siswa menurun namun tidak drastis. Dan berdasarkan wawancara juga tidak semua siswa merasakan perbedaan pada kedisiplinannya sebelum dan sesudah kegiatan. Kesimpulannya pelatihan SKUADRON efektif dalam meningkatkan kedisiplinan siswa.
Kata Kunci : Efektivitas, Pelatihan, Kedisiplinan
Bibliografi : lembar 63-64
SS00009796 | SK9796 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain