Text
Analisis ragam pelayanan jasa angkutan commuterline : survei terhadap mahasiswa pengguna jasa angkutan commuterline rute Bekasi-Jakarta Kota
ABSTRAK
SHELLA NABILA HIZHWATI (4315116633). Analisis Ragam Pelayanan Jasa Angkutan
Commuterline (Survei Terhadap Mahasiswa Pengguna Jasa Angkutan Commuterline Rute
Bekasi – Jakarta Kota) . Skripsi, Jakarta : Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu
Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana ragam pelayanan yang diberikan oleh
pihak jasa angkutan commuterline survei terhadap mahasiswa yang menggunakan jasa angkutan
commuterline rute Bekasi-Jakarta Kota. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2015
sampai April 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan
pendekatan survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna angkutan
commuterline dengan pengambilan sampel sebanyak 100 mahasiswa dan dipilih dengan
menggunakan teknik accidental sampling. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan
teknik perhitungan persentase dengan analisis deskriptif. Data dianalisis menggunakan skala
Likert.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa secara keseluruhan ragam pelayanan
survei terhadap mahasiswa pengguna jasa angkutan commuterline dilihat dari dimensi bukti fisik,
kehandalan, daya tanggap, jaminan dan perhatian, dari kelima dimensi tersebut berada dalam
kategori tinggi. Hal ini karena kemampuan para petugas dari pihak Kereta Commuterline
memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan, keramah-tamahan, kesopanan para petugas
dalam memberikan pelayanan,kemampuan petugas dalam menjaga keamanan dan kenyamanan
berada di stasiun atau gerbong kereta, adalah tujuan penting untuk memuaskan pelanggan.
Namun pihak perusahaan terus berusaha meningkatkan kualitas pelayanan dari kelima dimensi
tersebut sehingga pelanggan selalu merasa nyaman saat menggunakan jasa angkutan
commuterline. Khusus mengenai ragam kehandalan dan daya tanggap memiliki keterkaitan yang
sangat erat, hal ini bisa dibuktikan secara statistik.
Kata Kunci: Ragam Pelayanan Jasa Angkutan Commuterline (Survei Terhadap
Mahasiswa)
Bibliografi : lembar 57-58
SS00009792 | SK 9792 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain