Text
Pengembangan model pembelajaran Dribble bola basket Fakhri untuk siswa sekolah menengah atas
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN DRIBBLE BOLA BASKET FAKHRI
UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS
(2016)
INSTRUCTIONAL LEARNING MODEL OF BASIC DRIBBLE A BASKETBBALL FAKHRI
FOR STUDENTS SENIOR HIGH SCHOOL
FAKHRI FAJRIN KURNIAWAN
ABSTRAK
Secara umum tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan model pembelajaran dribble bola basket bagi siswa Sekolah Menengah Atas. Selain itu, penelitian dan pengembangan ini dilakukan untuk memperoleh informasi secara mendalam tentang: peningkatan kemampuan gerak pada siswa Sekolah Menengah Atas dan mengetahui tingkat keberhasilan pengembangan model dribble bola basket ditinjau dari : efektifitas, efisien, daya tarik, produktivitas dari siswa dalam melakukan dribble bola basket pada siswa Sekolah Menengah Atas. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan pendekatan kualitatif serta menggunakan metode penelitian pengembangan Research & Development (R & D) Borg W. R dan Gall. M. D. Subyek dalam penelitian dan pengembangan ini adalah siswa Sekolah Menengah Atas yang berjumlah 60 orang.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah angket, kuisioner, dan instrumen psikomotorik dribble bola basket yang digunakan untuk mengumpulkan data pada tahap: (1) analisis kebutuhan; (2) evaluasi ahli (evaluasi produk awal); (3) ujicoba terbatas (ujicoba kelompok kecil); dan (4) ujicoba utama (field testing). Uji efektifitas model menggunakan tes psikomotorik dribble bola basket, sedangkan untuk melihat hasil efektifitas model digunakan uji statistik dengan menggunakan rumus before-after (pre-test dan post-test). Hasil perhitungan pre-test didapatkan hasil 781 dengan rata-rata 50,39 sedangkan post-test didapatkan hasil 818 dengan rata-rata 52,77, hal ini berarti model pembelajaran dribble bola basket lebih baik dari model pembelajaran konvensional.
Berdasarkan hasil pengembangan dapat disimpulkan bahwa: (1) Dengan model pembelajaran dribble bola basket, siswa dapat belajar secara efektif dan efisien. (2) Dengan model pembelajaran dribble bola basket yang telah peneliti kembangkan, siswa dapat meningkatkan kemampuan gerak pada proses pembelajaran.
Kata kunci: analisis kebutuhan, model pembelajaran dribble bola basket, efektifitas.
Bibliografi : lembar 163-164
TM00001750 | TM 1750 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain