Text
Penerapan metode debat dalam meningkatkan motivasi belajar PAI : penelitian tindakan kelas X MIA-1 SMA Diponogoro Jakarta Timur
ABSTRAK
Sarotul Musabbihah. Penerapan Metode Debat Dalam Meningkatkan Motovasi Belajar PAI (Penelitian Tindakan Kelas X MIA-I SMA DIPONEGORO Jakarta Timur). Skripsi, Jakarta : Program Studi Ilmu Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Jakarta. 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan metode debat dalam meningkatakan motivasi belajar PAI siswa kelas X MIA-I SMA DIPONEGORO Jakarta Timur.
Indikator siswa termotivasi pada penelitian ini menggunakan teori Sardiman, Nana Sudjana, dan Hamzah B Uno. Dari tiga tokoh tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa yang memiliki ciri-ciri motivasi tinggi adalah tekun dan ulet dalam menghadapi tugas, menunjukkan minat dan perhatian terhadap pelajaran, semangat dan adanya dorongan untuk berhasil, adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar, serta adanya kegiatan yang menarik dalam belajar.
Penelitian ini menggunakan metode Classroom Action Research (Penelitian Tindakan Kelas) yang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Tahap penelitian ini mengikuti model Kurt Lewin yaitu berupa suatu siklus spiral yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Adapun penelitian ini dilakukan sebanyak tiga siklus dengan satu kali pertemuan disetiap siklusnya.
Hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa penerapan metode debat dapat meningkatkan motivasi belajar PAI. Hal tersebut dapat diketahui dari pengamatan aktivitas siswa selama proses pembelajaran PAI dengan menggunakan metode debat. Siswa cenderung lebih aktif, dan antusias mengikuti pelajaran PAI. Sebelum diterapkannya metode debat, guru yang berperan aktif sedangkan siswa cenderung pasif serta motivasi belajar siswa di bawah standar yaitu hanya 35 % siswa yang termotivasi dari 34 siswa. Dari tiga siklus yang telah dilakukan, dapat dilihat bahwa motivasi siswa belajar PAI mengalami peningkatan, pada siklus I sebesar 50 %, pada siklus II sebesar 71 %, dan pada siklus III sebesar 82 % dari 34 siswa. Dapat disimpulkan bahwa motivasi siswa belajar PAI selama tiga siklus mengalami peningkatan.
Kata Kunci : Metode Debat, Motivasi Belajar, PAI
Bibliografi : lembar 97-99
SS00009810 | SK 9810 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain