Text
Hubungan antara motivasi berprestasi dan konsep diri siswa terhadap hasil belajar matematika tentang pengukuran pada siswa kelas V SDN di Kecamatan Pulogadung Jakarta Timur
HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DAN KONSEP DIRI SISWA
TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PENGUKURAN PADA
SISWA KELAS V SDN DI KECAMATAN PULOGADUNG JAKARTA TIMUR
Alberth Supriyanto Manurung
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan hubungan antara motivasi berprestasi dan konsep diri siswa dengan hasil belajar matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dan mengunakan teknik analisis regresi dan korelasi sederhana, regresi dan korelasi ganda. Penelitian ini dilakukan di SDN Jati 3 Pulo Asem dan SDN Jati 6 Perhubungan, kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur dengan n=57 dengan menggunakan teknik Cluster Sampling.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar matematika; (2) terdapat hubungan positif antarakonsep diri siswa dengan hasil belajar matematika dan (3) terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi dan konsep diri siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar matematika.Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar matematika dapat ditingkatkan dengan meningkatkan motivasi berprestasi dan mengakomodir konsep diri siswa, karena hasil verifikasi membuktikan bahwa motivasi berprestasi dan konsep diri siswa.
menjadi faktor-faktor penentu yang signifikan
Bibliografi : lembar 128-129
TM00004632 | TM 4632 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain