Text
Hubungan antara citra merek dan gaya hidup dengan keputusan pembelian smartphone iphone pada mahasiswa fakultas ekonomi di Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
NURUL APRILIYANTI. Hubungan Antara Citra Merek Dan Gaya Hidup
Dengan Keputusan Pembelian Smartphone iPhone Pada Mahasiswa Fakultas
Ekonomi Di Universitas Negeri Jakarta. Skripsi, Jakarta. Program Studi
Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara citra
merek dan gaya hidup dengan keputusan pembelian Smartphone iPhone pada
Mahasiswa Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Jakarta berdasarkan data dan
fakta yang valid dan reliabel.
Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta, Jakarta
Timur. Selama enam bulan terhitung Februari 2016 sampai dengan Juli 2016.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan
korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi
Universitas Negeri Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah
teknik purposive sampling sebanyak 72 orang.
Untuk menjaring data dari ketiga variabel digunakan kuesioner model skala likert
untuk Citra Merek (Variabel X1), Gaya Hidup (Variabel X2) dan Keputusan
Pembelian Smartphone iPhone (Variabel Y). Sebelum instrumen ini digunakan
dilakukan uji validitas untuk variabel X dan juga variabel Y. Untuk variabel X1,
dari 28 butir pernyataan terdapat 23 butir pernyataan yang valid, untuk variabel
X2, dari 27 pernyataan terdapat 24 pernyataan yang valid, sedangkan untuk
variabel Y, dari 26 pernyataan terdapat 23 pernyataan yang valid. Perhitungan
reliabilitas ketiga variabel itu menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil
reliabilitas variabel X1 sebesar 0,922, variabel X2 0,953 dan variabel Y sebesar
0,892. Hasil ini membuktikan bahwa instrumen tersebut ketiga variabel tersebut
dapat dikatakan reliable.
Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 9,924 + 0,395X1 + 0,484X2. Dari
uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung > Ftabel, yaitu 50,55 > 3,13, artinya
persamaan regresi tersebut signifikan. Selanjutnya dilakukan uji keberartian
koefisien korelasi parsial dengan menggunakan uji t dan dihasilkan thitung X1-Y =
4,786 dan ttabel = 1,66, thitung X2-Y = 5,396 dan ttabel = 1,66. Koefisien korelasi
Product Moment dari Pearson menghasilkan rxy = 0,771 .Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0,771 adalah signifikan. Koefisien
determinasi yang diperoleh sebesar 58,3% yang menunjukkan bahwa 58,3%
variasi keputusan pembelian ditentukan oleh citra merek dan gaya hidup. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa citra merek dan gaya hidup secara simultan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Smartphone
iPhone.
Kata kunci: Keputusan Pembelian, Citra Merek, Gaya Hidup
Bibliografi : lembar 104-106
SS00009644 | SK 9644 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain