Text
Pengaruh permainan konstruktif dan kemandirian terhadap pengetahuan matematika awal : eksperimen pada anak Taman Kanak-Kanak kelompok B di kota Padang tahun 2016
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh permainan konstruktif dan kemandirian terhadap pengetahuan matematika awal anak Taman Kanak-kanak kelompok B di Kota Padang tahun 2016. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain treatment by level 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B Taman Kanak-kanak di Kota Padang dengan teknik multistage random sampling. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Analisis statistik deskriptif berupa deskripsi data hasil penelitian, sedangkan analisis statistik inferensial berupa uji ANAVA dua jalur dan uji Tukey dengan taraf signifikansi α = 0.05. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh permainan konstruktif dan kemandirian terhadap pengetahuan matematika awal dengan hasil uji ANAVA dua jalur sebesar Fhitung = 22,10 > Ftabel = 4,26. Selain itu, terdapat interaksi antara permainan konstruktif dan kemandirian terhadap pengetahuan matematika awal dengan F(OAB) = 54,96 > Ftab = 4,26. Berdasarkan hasil uji Tukey diperoleh QhitungA1B1-A2B1 = 12,11 > Qtabel = 3,34. Hal ini menunjukkan bahwa pada kelompok anak yang menunjukkan kemandirian tinggi, pengetahuan matematika awal anak yang diberikan permainan konstruktif balok Cuisenaire lebih tinggi dibandingkan kelompok anak yang diberikan permainan konstruktif puzzle geometri. Hasil uji Tukey yang diperoleh QhitungA1B2-A2B2 = -2,14 > Qtabel = -3,34. Hal ini menunjukkan bahwa pada kelompok anak yang menunjukkan kemandirian rendah, pengetahuan matematika awal anak yang diberikan permainan konstruktif balok Cuisenaire lebih rendah dibandingkan kelompok anak yang diberikan permainan konstruktif puzzle geometri. Dengan demikian masing-masing H1 pada setiap hipotesis diterima.
Kata kunci: Permainan Konstruktif, Balok Cuisenaire, Puzzle Geometri, Kemandirian, Pengetahuan Matematika Awal
Bibliografi : lembar 170-175
TM00001826 | TM 1826 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain