Text
Pengembangan media pembelajaran pairing card untuk meningkatkan hasil belajar matematika permulaan : penelitian pengembangan pada sekolah dasar kelas 1 kota Jakarta Timur tahun 2016
PAUD PPS Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran pairing card sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar matematika permulaan siswa kelas 1 Sekolah Dasar di Kota Jakarta Timur Tahun 2015/2016. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 berjumlah 75 anak yang berada di tiga sekolah yaitu MIT Salsabila Jakarta Timur, SDIT Nurul Yakin, dan SDIT Al-Azhar. Metode penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (R& D) yang mengacu pada Modifikasi Model Penelitian dan Pengembangan Borg & Gall dan Dick and Carry yang terdiri dari 10 langkah pengembangan yang dirangkum menjadi 4 langkah utama yaitu Tahap I Studi Pendahuluan (anaisis kebutuhan & kondisi objektif), Tahap II Pengembangan Media, Tahap III Validasi dan Revis Media dan Tahap IV Implementasi Media. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif dengan cara menganalisis hasil wawancara mulai dari tahap studi pendahuluan sampai pada uji coba media dengan langkah-langkah reduksi, display dan verifikasi data. Analisis data kuantitatif dengan teknik statistik deskriptif uji-t yaitu menganalisis dan membandingkan hasil treatment eksperimen yang dilakukan pada uji coba skala besar untuk mengetahui kelayakan dan efektifitas media pembelajaran pairing card. Berdasarkan hasil uji coba skala besar (draft 2) yang dilaksanakan di MIT Salsabila Jakarta Timur dan SDIT Al-Azhar didapatkan hasil bahwa nilai t hitung adalah sebesar 5.724 degan sig 0.000. Karena sig < 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak, artinya rata-rata hasil belajar matematika permulaan anak sebelum dan sesudah penerapan media paring card berbeda. Dengan demikian, terjadi peningkatan hasil belajar matematika permulaan anak MIT Salsabila Jakarta Timur. Begitu juga dengan hasil Uji Coba di SDIT Al-Azhar Nilai t hitung adalah sebesar 16.737 dengan sig 0.000. Karena sig < 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak, artinya rata-rata hasil belajar matematika permulaan anak sebelum dan sesudah penerapan media paring card berbeda. Dengan demikian, terjadi peningkatan hasil belajar matematika permulaan anak SDIT Al-Azhar.
Kata Kunci : media pembelajaran, pairing card, hasil belajar, matematika permulaan
Bibliografi : lembar 143-144
TM00001829 | TM 1829 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain