Text
Penanaman budaya jawa pitutur luhur : studi kasus pada anak Taman Kanak-Kanak Pertiwi Pakualam Yogyakarta, 2016
PENANAMAN BUDAYA JAWA PITUTUR LUHUR
(Studi Kasus pada Anak TK Pertiwi Puro Pakualaman Yogyakarta tahun 2016)
WINDI WULANDARI IMAN UTAMA
windiutama@gmail.com
PAUD PPs Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang penanaman budaya Jawa pitutur luhur pada anak. penelitian ini dilakukan di TK Pertiwi Puro Pakualaman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Analisis data menggunakan model Milles dan Hubberman dengan tahap langkah-langkah analisis data: (1) Reduksi data, (2) Penyajian data, (3) Verifikasi data. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Budaya Jawa pitutur luhur yang ditanamkan sebagai sarana pembentuk perilaku meliputi tembang, dolanan, dongeng, dan bahasa. (2) TK Pertiwi Puro Pakualaman Yogyakarta merupakan sekolah yang mengimplementasikan budaya Jawa pitutur luhur sestradi. (3) Budaya Jawa membentuk perilaku positif. (4) Proses penanaman budaya Jawa pitutur luhur pada anak menggunakan metode belajar melalui bermain yang diintegrasi dengan budaya Jawa. (5) Perilaku positif yang muncul setelah dilakukan penanaman budaya Jawa pitutur luhur. (6) Faktor pendukung dalam penanaman budaya Jawa pitutur luhur antara lain sekolah, guru, orangtua, lingkungan dan fasilitas. Pitutur luhur merupakan bagian penting dari budaya Jawa. Perilaku positif yang dimiliki oleh anak muncul karena adanya pembiasaan dan kegiatan yang terintegrasi dengan budaya Jawa pitutur luhur.
Kata Kunci : Budaya Jawa, Pitutur Luhur, Anak Usia Dini
Bibliografi : lembar 187-189
TM00001828 | TM 1828 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain