Text
Pengaruh model pembelajaran make a match pada mata pelajaran PKn terhadap perilaku kerjasama : studi eksperimen di SMK Muara Indonesia
ABSTRAK
Rizki Wulandari. Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Pada Mata Pelajaran PKn Terhadap Perilaku Kerjasama (Studi Eksperimen di SMK Muara Indonesia). Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris mengenai pengaruh model pembelajaran Make a Match pada mata pelajaran PKn terhadap perilaku kerjasama Kelas X di SMK Muara Indonesia.
Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari sampai April 2016, penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik random sampling, jumlah sample sebanyak 64 siswa yang terdiri dari 32 siswa kelas eksperimen dan 32 siswa kelas kontrol. Untuk mendapatkan data perilaku kerjasama digunakan pre test dan post test dengan angket sebanyak 30 pernyataan dengan 5 alternatif jawaban selalu, sering, kadang-kadang, pernah, tidak pernah.
Sebelum penelitian, diadakan uji validitas dan uji reliabelitas. Uji validitas dengan rumus Pearson Product Moment dengan kriteria batas minimum pernyataan yang diterima adalah : 0,254. Jika > maka butir pertanyaaan yang diterima dianggap valid. Terdapat 40 pernyataan, 30 soal yang valid dan 10 soal yang tidak valid. Uji reliabelitas dengan rumus Alpha Cronback dari perhitungan reliabelitas r11 sebanyak 0,868 (sangat tinggi).
Saat penelitian data pre test eksperimen memiliki skor sebanyak 3590 dan kelas kontrol 3452. Data post test eksperimen mempunyai jumlah skor 3926 dan kelas kontrol 3610. Keduanya mengalami peningkatan, dan yang lebih tinggi kelas eksperimen. Selanjutnya dilakukan uji persyaratan analisis data dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji normalitas dengan rumus Liliefors. Diperoleh 0,133 (eksperimen- pre test), 0,121 (eksperimen-post test), 0, 142 (kontrol- pre test), 0,102 (kontrol- post test) lebih besar dari (0,157), maka data berdistribusi normal. Uji homogenitas dengan rumus fisher. Data pre test = 1,09 dan post test 1,54 < ( 1,82) maka data homogen.
Uji hipotesis dengan rumus uji-t. Hasil analisis mengggunakan uji-t diperoleh = 4,116 dan = 1,999 pada taraf signifikasi = 0,05 dengan n = 32. Dari hasil perhitungan tersebut diperoleh harga > . Maka yang menyatakan tidak terdapat pengaruh ditolak. Sedangkan yang menyatakan terdapat Pengaruh model pembelajaran make a match pada mata pelajaran PKn dengan perilaku kerjasama diterima.
Dengan demikian penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh menggunakan model pembelajaran Make a Match pada mata pelajaran PKn terhadap perilaku kerjasama di kelas X SMK Muara Indonesia.
Kata Kunci: Model Make a Match, PKn, Perilaku Kerjasama
Bibliografi : lembar 62-63
SS00009770 | SK 9770 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain