Text
Pengaruh penerapan model pembelajaran arias terhadap hasil belajar PPKN peserta didik : studi ekperimen di kelas X SMA N 27 Jakarta
ABSTRAK
Kartika Lestari. Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) Terhadap Hasil Belajar PPKN Peserta Didik. (Studi Quasi Eksperimen di SMA N 27 Jakarta). Skripsi, Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Peneltian ini digunakan untuk mendapatkan data empiris tentang pengaruh penerapan model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar PPKn peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMA N 27 Jakarta selama 3 bulan yaitu dari bulan februari sampai dengan bulan april pada semester 2 tahun ajaran 2015/2016. Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X. teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang diambil berjumlah 2 kelas yaitu kelas X IPS 1 yang berjumlah 36 peserta didik sebagai kelas kontrol dan kelas X IPS 4 yang berjumlah 36 peserta didik sebagai kelas eksperimen.
Untuk menguji kesahihan instrument terlebih dahulu dilakukan uji validitas. Uji validitas yang digunakan adalah uji validitas konten dengan memvalidasi instrument kepada expert judgement (penilaian ahli).
Setelah itu dilakukan persyaratan data dengan uji normalitas dengan menggunakan rumus liliefors (α = 0,05, n = 36) data pre test kelas ekperimen didapat nilai Lhitung sebesar 0,124, Ltabel untuk n = 36 dengan taraf signifikansi 0,05 adalah 0,144. Lhitung < Ltabel. Dengan demikian dapat disimpulkan data berdistribusi normal, data post test kelas ekperimen didapat nilai Lhitung sebesar 0,126, Ltabel untuk n = 36 dengan taraf signifikansi 0,05 adalah 0,144. Lhitung < Ltabel. Dengan demikian dapat disimpulkan data berdistribusi normal. Data pre test kelas kontrol didapat nilai Lhitung sebesar 0,112, Ltabel untuk n = 36 dengan taraf signifikansi 0,05 adalah 0,144. Lhitung < Ltabel. Dengan demikian dapat disimpulkan data berdistribusi normal, data post test kelas ekperimen didapat nilai Lhitung sebesar 0,101, Ltabel untuk n = 36 dengan taraf signifikansi 0,05 adalah 0,144. Lhitung < Ltabel. Dengan demikian dapat disimpulkan data berdistribusi normal. Selain itu dilakukan uji homogenitas dari kedua kelas tersebut yakni Data pre test
ii
diperoleh Fhitung = 1,16 dan Ftabel = 1,74 pada taraf signifikan 0,05 dan derajat pembilang 35 dan derajat penyebut 35, sehingga Fhitung (1,16) < Ftabel (1,74). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variansi adalah sama atau homogen. Serta Data post test diperoleh Fhitung = 1,03 dan Ftabel = 1,74 pada taraf signifikan 0,05 dan derajat pembilang 35 dan derajat penyebut 35, sehingga Fhitung (1,03) < Ftabel (1,74). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variansi adalah sama atau homogen.
Selanjutnya adalah dengan melakukan pengujian hipotesis dengan berdasarkan hasil analisis yang menggunakan uji-t diperoleh bahwa thitung = 2,363 dan ttabel = 1,664 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan df (n-2) = 70. Dari perhitungan tersebut diperoleh harga thitung > ttabel.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah H0 ditolah H1 diterima, dengan demkian H0 yang menyatakan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar PPKn peserta didik ditolah. Sedangkan H1 yang menyatakan terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar PKn peserta didik diterima.
Bibliografi : lembar 75-76
SS00009768 | SK 9768 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain