Text
Perbedaan metode pembelajaran mind mapping konvensional dan mind mapping berbasis mindjet mindmanager PRO7 terhadap hasil belajar geografi : studi eksperimen siswa kelas X IPS SMA Negeri 68 Jakarta
ABSTRAK
LINA KHIYAROH. Perbedaan Metode Mind mapping Konvensional dan Mind
mapping berbasis Mindjet Mindmanager Pro 7 Terhadap Hasil Belajar Geografi
(Studi Eksperimen Kelas X IPS SMA Negeri 68 Jakarta). Skripsi Jurusan Geografi,
Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, Mei 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jawaban empiris apakah terdapat
perbedaan hasil belajar dengan menerapkan mind mapping konvensional dan mind
mapping berbasis mindjet mindmanager pro 7 pada siswa kelas X IPS SMA Negeri 68
Jakarta. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 68 Jakarta pada Bulan Desember –
Mei 2015.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif .
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 68 Jakarta
yang berjumlah 109 siswa dan dengan sampel 70 siswa. Teknik pengambilan sampel
yang digunakan adalah purposive sampling yaitu kelas yang memiliki jam pelajaran
sama, dimana terdapat dua kelas homogen yang diteliti, yakni satu kelas eksperimen
yang diajarkan dengan menerapkan metode mind mapping berbasis mindjet
mindmanager pro7 dan kelas kontrol yang diajarkan dengan metode mind mapping
konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes sebanyak 35
soal. Bentuk tes adalah pilihan ganda dan terbagi menjadi dua bagian, yakni pre-test
dan post-test.
Kelas eksperimen dengan perlakuan metode mind mapping berbasis mindjet
mindmanager pro7 mengalami peningkatan rata-rata lebih tinggi yaitu dari 43,3
menjadi 79,03 dibandingkan dengan kelas yang mendapatkan perlakuan dengan
metode mind mapping konvensional yaitu dari 42,42 menjadi 73,00.
Metode Mind mapping berbasis Mindjet Mindmanager pro7 memiliki
keunggulan dibandingkan mind mapping konvensional, yaitu dapat terhubung
langsung dengan internet, dapat diedit, menghemat waktu dan dapat dipindahkan ke
Microsoft Word, Microsoft power point, akan tetapi metode mind mapping berbasis
Mindjet Mindmanager pro7 juga memiliki kelemahan bagi yang tidak bisa
mengoperasikan komputer maka tidak bisa membuat Mindjet Mindmanager pro 7.
Berdasarkan sebaran soal Anderson metode mind mapping berbasis mindjet
mindmanager pro7 tidak cocok digunakan untuk soal berkategori aplikasi (C3) pada
materi konseptual.
Kata kunci : Hasil belajar, Mind Mapping, Mindjet Mindmanager Pro7, Hidrosfer
Bibliografi : lembar 76-77
SS00009805 | SK 9805 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain