Text
Pengaruh minat belajar dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran pengantar akuntansi SMK Negeri 25 Jakarta Selatan
ABSTRAK
UMATUN MUYASAROH. Pengaruh Minat Belajar dan Kebiasaan Belajar
Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi
SMK Negeri 25 Jakarta Selatan. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan
Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan kebiasaan
belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 25 Jakarta, baik secara
parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode survey
dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik
pencatatan dokumen, pengamatan dan kuesioner. Populasi terjangkau dalam
penelitian ini adalah siswa kelas X di SMK Negeri 25 Jakarta yang berjumlah
141 orang siswa dengan sampel 100 orang siswa. Teknik analisis data yang
digunakan adalah regresi linear berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis yang
terdiri atas uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa ada
pengaruh secara parsial antara minat belajar dengan hasil belajar. Dapat dilihat
dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 5,864 lebih besar dari
ttabel sebesar 1,98. Kebiasaan belajar secara parsial juga terdapat pengaruh
terhadap hasil belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan
nilai thitung sebesar 2,068 lebih besar dari ttabel sebesar 1,98. Secara simultan ada
pengaruh antara minat belajar dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar. Dapat
dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 31,796 lebih
besar dari nilai Ftabel sebesar 3,09. Terdapat pengaruh yang positif dan berarti
antara minat belajar dan kebiasaan belajar dengan hasil belajar dengan koefisien
korelasi ganda 0,629 dengan demikian, hipotesis penelitian diterima, selanjutnya
diketahui koefisien determinasi (R2) sebesar 39,6%%. Dapat disimpulkan terdapat
pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar dan kebiasaan belajar
terhadap hasil belajar pengantar akuntansi siswa kelas X SMK Negeri 25 Jakarta
Selatan.
Kata Kunci : Minat Belajar, Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar
Bibliografi :lembar 106-108
SS00009771 | SK 9771 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain