Text
Ngabogor dalam menumbuhkembangkan nilai-nilai kearifan lokal budaya sunda :studi deskriptif di SMP Negeri 1 Bogor
ABSTRAK
Hana Annisa Desiani. NgaBogor dalam menumbuhkembangkan nilai-nilai kearifan lokal Budaya Sunda (Studi Deskriptif di SMP Negeri 1 Bogor).
Skripsi. Jakarta. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN), Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi yang mendalam dan obyektif mengenai NgaBogor dalam menumbuhkembangkan nilai-nilai kearifan lokal budaya Sunda di SMP Negeri 1 Bogor, untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan NgaBogor, dan untuk mengetahui respons dari guru dan juga siswa.
Penelitian ini dilaksanakan selama tiga bulan terhitung dari akhir bulan Februari sampai awal Mei 2016. Sumber data dalam penelitian ini adalah 8 informan siswa dan 4 informan guru, key-informan (Kepala Dinas Pendidikan, Kasi Kurikulum Pendidikan Dasar, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif kota Bogor serta Tim GaleriGuru Bogor) dan Expert Opinion
(Budayawan Bogor). Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa guru dan siswa di SMP Negeri 1 Bogor memahami NgaBogor sebagai upaya ngajati diri orang Bogor dengan menggali, mengumpulkan dan menanamkan nilai-nilai kearifan lokal budaya sunda yang ada di kota Bogor. Pelaksanaan NgaBogor di sekolah ini, seperti ngabodas, ngabulao, dan ngahejo sesuai dengan visi, misi, dan motto sekolah. Upaya menumbuhkembangkan nilai-nilai kearifan lokal Budaya Sunda diajarkan lewat integrasi MuLok DaBo pada mata pelajaran PPKn di kelas VII dengan cara mengenalkan tradisi bersalaman sunda, adat ucapan salam “sampurasun‟, dan kaulinan barudak (Permainan tradisional). Respons siswa maupun guru di sekolah ini sangat senang dan tidak ada protes dalam pelaksanaanya, karena NgaBogor sebagai salah satu upaya untuk melestarikan budaya sunda.
Kata kunci: NgaBogor, MuLok DaBo, Kearifan lokal budaya Sunda
Bibliografi : lembar 80-81
SS00009818 | SK 9818 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain