Text
Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe tea party around terhadap kemampuan analisa siswa pada materi pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan : studi eksperimen kelas XI SMA Negeri 30 Jakarta
ABSTRAK
Harvian Putra (4315120286). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe
Tea Party Around Terhadap Kemampuan Analisa Siswa Pada Materi
Pelestarian Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan. Skripsi:
Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, Juni
2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe Tea Party Around terhadap kemampuan analisa siswa pada materi
Pelestarian Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan di SMA Negeri 30
Jakarta.
Penelitian ini dilaksanakan di Jakarta Pusat dengan mengambil lokasi di
SMA Negeri 30 Jakarta Pusat. Adapun waktu penelitian dilaksanakan pada Bulan
November 2015 – Mei 2016. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen
dengan sampel yang pertama yakni siswa kelas XI IIS 2 sebagai kelas eksperimen
dan kelas XI IIS 1 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian
ini menggunakan instrument berupa soal pretest dan posttest. Analisis data dalam
penelitian ini menggunakan uji t (t-test) untuk sampel mandiri.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh tingkat
pencapaian kemampuan analisa dengan menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe Tea Party Around pada materi Pelestarian Lingkungan dan
Pembangunan Berkelanjutan, hal ini ditunjukkan dari hasil rerata penilaian yang
diperoleh yakni untuk kelas eksperimen sebesar 68,81 sedangkan rata-rata kelas
kontrol hanya sebesar 56,05. Kemudian dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t (ttest)
diperoleh t hitung 10,166 > t tabel 1,998, maka dapat disimpulkan bahwa
penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Tea Party Around berkontribusi
dalam peningkatan kemampuan analisa siswa pada materi Pelestarian Lingkungan
dan Pembangunan Berkelanjutan. 2) Model pembelajaran kooperatif tipe Tea Party
Around sangat berkontribusi digunakan pada pokok bahasan Lingkungan Hidup serta
Siklus Biogeokimia dan Hubungan antara Pelestarian Lingkungan dan Pembangunan
Berkelanjutan pada materi Pelestarian Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan.
Hal ini dibuktikan dengan persentase kenaikan 64%, 52,54% dan 61,61% pada
pokok bahasan tersebut karena siswa lebih tertarik pada materi dengan suasana yang
menyenangkan.
Kata Kunci: Model, Pembelajaran Kooperatif, Tea Party Around
Bibliografi : lembar 73-76
SS00009819 | SK 9819 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain