Text
Peningkatan resolusi konflik dalam proses bermain peran (role play) : penelitian tindakan pada anak kelompok B TK sejahtera di derah konflik desa Sidondo I kabupaten Sigi provinsi Sulawesi Tengah tahun ajaran 2015/2016
PENINGKATAN RESOLUSI KONFLIK DALAM PROSES BERMAIN
PERAN (ROLE PLAYING)
(Penelitian Tindakan Pada Anak Kelompok B TK Sejahtera di daerah
konflik desa Sidondo I Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah Tahun
2016)
Fitriana
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan resolusi konflik
melalui bermain peran pada kelompok B1 di TK Sejahtera Sidondo I
Tahun 2016. Jumlah anak dalam penelitian ini berjumlah 15 anak.
Penelitian dilakukan pada bulan april sampai dengan bulan mei tahun
2016. penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan oleh
Kemmis dan Mc. Taggart. Tindakan yang dilakukan terdiri dari siklus I dan
siklus II. Setiap siklus terdiri dari 12 kali pertemuan dimana memiliki empat
tahapan yaitu tahapan perencanaan, tahapan tindakan, tahapan
pengamatan, dan tahapan refleksi. Pengumpulan data yang digunakan
adalah wawancara, observasi, dokumentasi catatan lapangan, dan
instrumen pemantau tindakan. analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian
menunjukan bahwa adanya peningkatan resolusi konflik setelah dilakukan
kegiatan dalam proses bermain peran (role play) pada anak kelompok B1,
hal ini dibuktikan pada adanya kenaikan rata-rata TCP pada Pra siklus 40,
siklus I sebesar 59, dan siklus II 81,86 dari TCPMax104.
Kata Kunci: Resolusi Konflik, Proses Bermain Peran (Role Play)
Bibliografi : lembar 237-240
TM00001825 | TM 1825 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain