Text
Perbandingan metode latihan obstacle run dan metode latihan shuttle run terhadap peningkatan kelincahan gerak siswa SMPN 54 Jakarta Barat
Ringkasan
PERBANDINGAN METODE LATIHAN OBSTACLE RUN DAN METODE
LATIHAN SHUTTLE RUN TERHADAP PENINGKATAN KELINCAHAN
GERAK SISWA SMPN 54 JAKARTA BARAT
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pengaruh metode
latihan obstacle run dan metode latihan shuttle run terhadap hasil kelincahan.
Penelitian ini di laksanakan di SMPN 54 Jakarta Barat dengan menggunakan
metode eksperimen. Populasi penelitian ini berjumlah 153 siswa. Sample
penelitian ini adalah 20 siswa yang ditentukan dengan teknik Purposive
Sampling. Dalam pelaksanaan peneitian ini menggunakan metode
eksperimen. Insrumen penelitian menggunakan tes kelincahan zig-zag run.
Hasil pengujian analisis data, menunjukan bahwa t-hitung = 4,27.
Dengan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik uji-t pada
taraf sgnifikan α = 0,05, teknik analisis data digunakan adalah analisis data
uji-t mulai dari menghitung t-hitung untuk membandingkan dengan t-tabel
pada taraf yang signifikan. Data tes akhir metode latihan Obstacle Run dan
metode latihan Shuttle Run diperoleh standar perbedaan antara dua mean
(SEMX MY) = 0,1 nilai tersebut menjadi t-hitung diperoleh = 4,27.
Kemudian hasil perhitungan tersebut diujikan dengan tabel pada
derajat kebebasan (dk) = (N1 + N2) – 2 = 10 + 10 – 2 dan taraf kepercayaan
= 0,05 diperoleh nilai kritis t-tabel 2,101 ( t-hitung = 4,27 > t-tabel = 2,101).
Dengan demikian terdapat perbedaan yang diperoleh melalui penelitian ini
adalah metode latihan Obstacle Run lebih efektif dari pada metode latihan
Shuttle Run terhadap peningkatan kelincahan gerak siswa SMPN 54 Jakarta
Barat.
Bibliografi : lembar 51-52
SS00009727 | SK 9727 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.06.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain