Text
Peningkatan kemampuan memahami bacaan melalui teknik pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) : penelitian tindakan pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 12 Jakarta tahun ajaran 2012/2013
IRRA DWIPURWITA
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memahami bacaan melalui teknik pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) di SMA. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan yang dilakukan di kelas X SMA Muhammadiyah 12 Jakarta sejak Januari 2013 sampai dengan Juli 2013.Penelitian ini menerapkan teknik pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan model penelitian tindakan Kemmis dan Mc.Taggart, dengan masing-masing siklus terdiri dari: perencanaan (plan) - tindakan (action) - observasi (observation) - refleksi (reflection), dengan diawali praobservasi (preobservation).Hasil penelitian menunjukkan kemampuan siswa dalam memahami bacaan menggunakan teknik pembelajaran CIRC dilihat dari jenjang pemahaman literal, interpretatif, kritis, dan kreatif mengalami peningkatan pada masing-masing tindakan dan siklusnya.
Kata kunci: kemampuan membaca, teks bacaan, teknik Cooperative
Integrated Reading and Composition (CIRC)
Bibliografi : lembar 139-146
TM00004708 | TM 4708 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain