Text
Upaya meningkatkan hasil belajar IPA melalui strategi active learning tipe index card match : penelitian tindakan di SDN Sukarahayu 02 kelas V Tambelang Bekasi
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empirik tentang penggunaan
strategi active learning tipe index card match dalam meningkatkan hasil belajar
siswa SDN Sukarahayu 02 Tambelang Bekasi pada pembelajaran IPA tentang
pesawat sederhana.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sukarahayu 02 yang dengan subjek siswa kelas
V yang berjumlah 24 siswa. Penelitian ini merupakan penellitian tindakan dengan
menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart, dilakukan dalam dua siklus. Setiap
siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Proses pengumpulan data melalui tes hasil belajar IPA dan non tes berupa hasil
observasi pelaksanaan pembelajaran dengan strategi active learning tipe index card
match dengan menggunakan lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa,
wawancara, catatan lapangan, dan hasil dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar IPA dengan materi
pesawat sederhana dengan menerapkan strategi active learning tipe index card
match. Dibuktikan dengan nilai hasil belajar IPA sebelum pra-siklus sebesar 25%,
pada siklus I tingkat ketuntasan meningkat sebesar 50%, siklus II mencapai 87,5%.
Aktivitas siswa 87,5% dan aktivitas guru 92%.
Implikasi dari penelitian ini mengiindikasikan bahwa penerapan strategi active
learning tipe index card match menekankan siswa aktif secara fisik dan mental
sehingga pembelajaran lebih bermakna dan pembelajaran berpusat pada siswa
Kata Kunci: Hasil belajar IPA, Strategi active learning tipe index card match, dan
Penelitian tindakan
Bibliografi : lembar 135-137
TM00001833 | TM 1833 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain