Text
Evaluasi program ekstrakurikuler seni keagamaan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 8 Jakarta
EVALUASI PROGRAM EKSTRAKURIKULER SENI KEAGAMAAN
DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 8 JAKARTA
Ibnu Salman
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konteks, input, proses, dan seni keagamaan ekstrakurikuler produk terkait di Madrasah Aliyah Negeri 8 Jakarta (MAN 8 Jakarta). Metode yang digunakan adalah studi kasus (studi kasus). model penelitian evaluasi yang digunakan adalah model CIPP dikembangkan Stufflebeam dan teman-teman. CIPP model evaluasi terdiri dari empat komponen, yaitu: konteks, input, proses, dan produk. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen konteks kegiatan ekstrakurikuler merupakan dasar hukum dari seni keagamaan yang tidak ada, input komponen, berencana atau penjadwalan, persyaratan administrasi pelatih, dan kalender akademik kegiatan ekstrakurikuler yang dalam kategori medium seni keagamaan. Dalam komponen proses, ada penguasaan metode pembelajaran oleh pelatih berada dalam kategori sedang, sedang untuk komponen produk semuanya berada pada kategori tinggi.
Kata kunci: seni religius ekstrakurikuler, MAN 8 Jakarta
Bibliografi : lembar 157-162
TM00001735 | TM 1735 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain