Text
Pembelajaran bahasa Inggris di Sekolah Dasar : penelitian etnografi di Sekolah Dasar Alam Bekasi di Kota Bekasi
CHAIRUL QISTI
Penelitian ini bertujuan untuk memahami secara mendalam proses pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar. Penelitian dilakukan di Sekolah Dasar Alam Bekasi tahun 2012. Penelitian ini difokuskan pada pembelajaran bahasa Inggris dengan sub fokus terdiri dari: (1) merumuskan tujuan pembelajaran bahasa Inggris; (2) pengembangan materi ajar; (3) metode pengajaran; (4) aktivitas siswa; (5) peran guru. Metode yang digunakan adalah etnografi yang diperkenalkan oleh Spradley. Teknik pengumpulan data yang dipakai oleh penulis adalah observasi partisipan, wawancara atau interview, dan studi dokumen. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan model analisa data Spradley, yang terdiri dari empat tahap yaitu analisis domein, analisis taksonomi, analisis komponen, dan analisis tema. Dilakukan pula teknik kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas untuk pemeriksaan keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa: (1) Adapun tujuan pembelajaran bahasa Inggris dirumuskan dengan menyesuaikan tujuan pembelajaran di sekolah alam. dalam merumuskan tujuan pembelajaran bahasa Inggris juga disesuaikan dengan diknas dan materi yang akan dicapai di SAsi. Guru melihat dari poin apa yang harus diberikan kepada siswa, tidak hanya itu bagaimana caranya agar materi bisa tersampaikan dengan baik; (2) Guru melakukan pengembangan materi ajar dengan mengadaptasi materi ajar dari Back Pack. Caranya dengan menyesuaikan tema yang akan diambil, dengan mengganti beberapa materi yang dianggap perlu ataupun tidak untuk disampaikan ke siswa; (3) Metode pengajaran yang digunakan di Sekolah Alam Bekasi adalah pendekatan komunikatif dan metode pembelajaran kooperatif; (4) Aktivitas siswa meliputi storytelling, nonton film, menulis, membaca, menggambar, berbicara, diskusi grup, dialog sehari-hari sederhana dan bermain games. Tetapi aktivitas siswa belum sepenuhnya menggunakan potensi alam yang ada di sekitar; (5) Peran guru adalah pengajar, stimulator, fasilitator, dan motivator. Dari hasil penelitian ada saran yang diusulkan terkait dengan pembelajaran bahasa Inggris adalah menambah jam pelajaran bahasa Inggris dan memanfaatkan potensi alam sekitar.
Bibliografi : lembar 139-142
TM00004761 | TM 4761 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2013.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain