Text
Peningkatan hasil belajar IPS melalui strategi inquiry discovery learning di kelas IV SDN Waluya 01 kecamatan Cikarang Utara kabupaten Bekasi : action research pada siswa kelas IV SD Negeri Waluya 01
ABSTRAK
Penerapan Kurikulum 2013 pada tataran implementasi di kelas dalam hal ini oleh guru sekolah dasar masih banyak terdapat kendala yang dapat mengurangi ketercapaian dari tujuan yang diharapkan pemerintah, utamanya rendahnya tingkat pemahaman pendekatan saintific approach. yang berdampak pada rendahnya motivasi, proses, dan hasil belajar siswa yang diampunya. Penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil dan proses belajar serta motivasi siswa kelas IV SD Negeri Waluya 01 melalui penerapan model pembelajaran Inquiry Discovery pembelajaran tematik dan penilaian santifik dengan fokus mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi mengidentifikasi tempat-tempat wisata melalui kegiatan membaca peta. Indikator tersebut terlihat dari pencapaian hasil belajar materi terkait dimana nilai rata-rata siswa hanya 62 atau 25% siswa yang tuntas belajarnya dari pencapaian KKM yaitu 70.
Untuk meningkatkan hasil belajar siswa penulis melakukan penelitian melalui motede action research, dengan langkah-langkah berupa, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi melalui tahapan-tahapan siklus-siklus perbaikan dimana setiap siklus yang dilakukan peneliti dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan kecuali pra siklus dengan objek perbaikan proses pembelajaran, hasil belajar, dan motivasi serta sikap belajar siswa.
Sementara hasil pengamatan tindakan yang dilakukan pendidik berupa penggunaan model, metode, dan media pembelajaran menjadi objek penunjang yang dapat menjadi keputusan perubahan tindakan yang dilakukan. Perbaikan pembelajaran dilakukan dengan tahapan pra-siklus dengan capaian hasil belajar rata-rata siswa siswa hanya 62 perolehan nilai rata-rata pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 64 dan makin meningkat pada siklus II dengan rata-rata pencapaian hasil belajar sebesar 75 atau sebanyak 78 % siswa tuntas belajarnya. Simpulan akhir dari penelitian ini adalah penerapan model inquiry Discovery pada pembelajaran IPS di kelas IV dapat memperbaiki hasil dan proses belajar siswa, mereduksi layanan pembelajaran yang dilakukan guru serta dapat menjadi masukan bagi rekan sejawat lain dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci : Inquiry Discovery, Pembelajaran IPS, Hasil dan Motivasi Belajar
Bibliografi : lembar 144-146
TM00001838 | TM 1838 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain