Text
Peningkatan hasil belajar IPA melalui pembelajaran kontekstual problem based learning (PBL) d kelas V SDN Karang Satria 01 Tambun Utara abupaten Bekasi
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN
KONTEKSTUAL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS V SDN
KARANG SATRIA 01 TAMBUN UTARA KABUPATEN BEKASI
Viyayantimala
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas V SDN
Karang Satria 01 Tambun Utara Kabupaten Bekasi, melalui pembelajaran
kontekstual Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan dengan menggunakan model Kemmis dan MC.Taggart, Penelitian
tindakan ini dilakukan dalam dua siklus. Subyek penelitian peserta didik kelas V
Sekolah Dasar.
Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa cara yakni observasi untuk
data proses dengan menggunakan lembar observasi. Tes hasil belajar IPA, tes awal
yang dijadikan sebagai pijakan untuk menyusun rencana tindakan untuk
mengimplementasikan melalui sintaks pembelajaran problem based learning (PBL)
dalam siklus, guna meningkatkan hasil belajar IPA dalam materi manusia dan
lingkungan. Setiap akhir siklus dievaluasi dampak dari tindakan yang telah
diimplentasikan.
Data yang dianalisis adalah data kualitatif, yang diperkuat dengan penilaian
tes hasil belajar IPA, guna membuktikan sejauhmana dampak dari tindakan yang
diimplementasikan terhadap hasil belajar IPA. Peningkatan hasil belajar IPA diamati
melalui proses pembelajaran dan tes yang diberikan pada setiap akhir siklus. Hal ini
dibuktikan dengan prosentase nilai hasil belajar pada siklus I yaitu 59.38 % yang
tuntas, meningkat pada siklus II mencapai 90.63% yang tuntas Aktivitas pendidik
dan peserta didik sesuai sintaks pembelajaran ini mencapai 100% pada siklus II.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPA kelas V SDN
Karang Satria 01 meningkat dengan penerapan model pembelajaran kontekstual
problem based learning (PBL).
Kata kunci: Hasil Belajar IPA, Model Pembelajaran Problem Based Learning, dan
Penelitian tindakan.
Bibliografi : lembar 156-158
TM00001839 | TM 1839 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain